Kuliah

Rabu, 22 Mei 2013

AWAL MULA

buat blog? bingung mau nulis apa diblog ini, sama kayak dulu waktu masih sekolah juga bingung apa ya yang mau diposkan?hehehee...
hmmm ya sudah cerita tentang diri sendiri dulu aja deh..
and now aku masih kuliah di Universitas Sebelas Maret Surakarta, udah semester 8 masih ngerjain skripsi..
tapi yang selama hampir 4 tahun aku kuliah banyak orang bertanya, sebenarnya aku tuh kuliah dijurusan apa sih? buat yang tau tentang K3 pastinya gak perlu bertanya lagi yaa,,,tapi yang bener2 gak tau duuh susah ngejelasinnya...sama kayak aku yang terlalu awam tentang K3 pada awalnya..hihhihi...
ada yang bilang ilmu K3 itu ngebosenin,,tapi ada juga yang bilang ilmu k3 gak akan bisa dibicarain dalam waktu yang singkat (emang gak bisa, kuliah 4tahun aja sepertinya masih kurang tuh ilmunya)..
hmmm yang jelas pada umumnya teori dengan penerapan dalam dunia kerja itu beda banget...
tapi waktu 4tahun buat mencapai 152sks tu terasa beratnya...mata kuliah yang banyak,yang kadang terlalu jauh dari terapan malah terasa membosankan, fyuuuh...
semester I ada : pendidikan agama, pancasila, kewarganegaraan, ilmu sosial dan budaya dasar, fisika, kimia, biologi, pengolahan limbah cair, pencemaran lingkungan.
semester II ada : fisiologi, biokimia, anatomi, ilmu teknik industri, kesehatan kerja I, kesehatan lingkungan I, psikologi industri.
semester III ada : mikrobiologi, parasitologi, produksi bersih, kesehatan lingkungan II, kesehatan kerja II, keselamatan kerja I, pengolahan limbah padat dan gas.
semester IV ada : perundang-undangan K3, kesehatan lingkungan III, kesehatan kerja III, keselamatan kerja II, epidemiolgi, K3 rumah sakit.
semester V ada : keselamatan kerja III, kesehatan kerja IV, gizi kerja, metodologi penelitian, komunikasi pendidikan dan penyuluhan.
semester VI ada : sistem manajemen lingkungan, toksikologi industri, kesehatan kerja hiperbarik, kesehatan kerja kedirgantaraan, ergonomi, sistem tanggap darurat, bahasa inggris I, kesehatan kerja radiasi, seminar proposal.
semester VII ada : perundang-undangan kesehatan, kesehatan kerja pertambangan, kesehatan kerja industri kimia, audit K3, AMDAL, bahasa inggris II, kesehatan kerja bawah tanah, PKL.
semester VIII ada : magang+skripsi.
=> kalau dipandang ilmunya ngebosenin, iya emang tapi sebenarnya banyak banget yang bisa dipelajari,,
untuk saat ini udah lumayan banyak universitas yang buka jurusan K3 baik DIII / DIV..tapi yang ada di kampus aku sekarang ini ya DIII hiperkes dan kk dan juga DIV K3...mau kuliah dimana aja terserah yang penting ilmunya,,karena pada dasarnya kualitas universitas tu tidak 100% menentukan kualitas seseorang, tergantung dari individu itu sendiri dalam ngejalanin kehidupan..hehehe...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar